Merubah Tampilan Font pada Ponsel Symbian 3rd Edition Lebih Mudah dengan APlikasi FontRouterMan dan FontRouter LT (ditest di Nokia 5320XM)

Posted: December 24, 2010 in Uncategorized

Sudah lama banget ingin posting artikel ini. Dulu saya pernah membahas, bagaimana cara mengganti font pada ponsel Symbian 3rd Edition menggunakan Aplikasi FontRouter LT (klik disini untuk membacanya). Nach, ada salah seorang komentator yang menyarankan untuk menggabungkan Aplikasi FontRouter LT tersebut dengan Aplikasi FontRouterMan. Akhirnya saya coba juga, dan bagaimana hasilnya? Mari kita bahas sama-sama.

Sekedar menjelaskan saja, Aplikasi FontRouter LT itu adalah aplikasi yang di gunakan untuk merubah font pada ponsel Symbian 3rd Edition kita. Sedangkan FontRouterMan itu adalah aplikasi yang berguna sebagai User Interface, agar kita bisa lebih mudah menggonta ganti font tanpa harus mengedit file fontrouter.ini.

Untuk merubah font pada Ponsel Symbian 3rd Edition, terlebih dahulu kita siapkan :

  • Ponsel Symbian 3rd Edition.
  • Aplikasi X-plore, aplikasi ini berfungsi sebagai file manajer. Untuk yang belum punya silahkan download disini.
  • Aplikasi FontRouter LT dan Aplikasi FontRouterMan. Kedua aplikasi tersebut sudah saya sertakan dalam 1 paket di link downloadnya. Silahkan download disini.
  • File Font yang berekstensi .ttf. Kalau belum punya, silahkan download disini.
  • Setelah semua filenya siap, mari kita lakukan langkah awalnya. Pertama-tama install Aplikasi X-plore nya, selanjutnya jalankan Aplikasi X-plore nya untuk meng-extract (unzip) file installer Aplikasi FontRouter LT dan Aplikasi FontRouterMan yang saya sertakan dalam satu paket.

    Setelah ke dua aplikasi tersebut berhasil di extract (unzip), install ke dua aplikasi tersebut. Setelah kedua aplikasi tersebut di install, jalankan Aplikasi FontRouterMan yang biasanya muncul di folder Aplikasi > Pribadi. Akan muncul tampilan seperti pada gambar diatas.

    Disitu akan ada beberapa opsi yang bisa kita atur sesuai keinginan, antara lain :

  • Font Location, ini menunjukkan letak file font yang kita gunakan.
  • FontRouterMan, ini untuk mengatur on/off aplikasinya. Kalau ingin mengembalikan font seperti semula, ubah ke Disable, lalu restart ponselnya. Kalau untuk mengaktifkan pilih Enable, lalu restart ponselnya.
  • ZoomRatio dan Croma, digunakan untuk mengatur besar kecil font. Posisi default ada pada nilai 100.
  • FontStyle, untuk mengatur effect font, seperti Bold, Italic, Bold&Italic;, atau Normal.
  • Nach kalau untuk : Y adjust, CharGapAdj, LineGapAdj, GDR Support, Bitmap Type, Font Metrics, Char Metrics, Log Level, ZoomMaxSize, dan juga ZoomMaxSize, saya nggak ngerti. Kalau ada teman-teman yang mengerti, silahkan disharing disini.
  • Nach untuk mengganti font, pertama-tama tekan Pilihan > Open font > Lalu pilih tempat file font ditempatkan. Jangan lupa, pada Opsi FontRouterMan di set ke Enable. Kalau sudah, tinggal restart aja ponselnya. Dan, dalam sekejap font pun akan berganti. Selamat mencoba bereksperimen ya. Tapi hati hati, kalau file font yang kamu pilih itu rusak. Maka ponsel tidak akan mau menyala. Terus bagaimana solusinya? Jangan install aplikasinya di memory internal ponsel, install saja di memory card. Jadi kalau hal seperti itu terjadi, kita tinggal mencabut card readernya. Dan ponsel akan kembali normal

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s