TUGAS ETIKA PROFESI 2

Posted: April 2, 2012 in Uncategorized

FADJAR MAULANA / 36409026

3 ID 03

TEKNIK INDUSTRI

UNIVERSITAS GUNADARMA

TUGAS 2

ETIKA PROFESI

1. Jelaskan perbedaan pokok antara moral dengan etika, berikan contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari!

Jawab :

Etika lebih merupakan ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan upaya menentukan perbuatan yang dilakukan manusia untuk dikatakan baik atau buruk. Etika sifatnya humanistis dan antroposentris yakni bersifat pada pemikiran manusia dan diarahkan pada manusia. Dengan kata lain etika adalah aturan atau pola tingkah laku yang dihasilkan oleh akal manusia.

Moral lebih mengacu kepada suatu nilai atau system hidup yang dilaksanakan atau diberlakukan oleh masyarakat. Nilai atau sitem hidup tersebut diyakini oleh masyarakat sebagai yang akan memberikan harapan munculnya kebahagiaan dan ketentraman. Nilai-nilai tersebut ada yang berkaitan dengan perasaan wajib, rasional, berlaku umum dan kebebasan. Jika nilai-nilai tersebut telah mendarah daging dalam diri seseorang, maka akan membentuk kesadaran moralnya sendiri. Orang yang demikian akan dengan mudah dapat melakukan suatu perbuatan tanpa harus ada dorongan atau paksaan dari luar. Dengan demikian tolak ukur yang digunakan dalam moral untuk mengukur tingkah laku manusia adalah adat istiadat, kebiasaan dan lainnya yang berlaku di masyarakat.

Dengan demikian dalam beberapa hal antara etika dan moral memiliki perbedaan. Pertama, kalau dalam pembicaraan etika, untuk menentukan nilai perbuatan manusia baik atau buruk menggunakan tolak ukur akal pikiran atau rasio, sedangkan moral tolak ukurnya yang digunakan adalah norma-norma yang tumbuh dan berkembang dan berlangsung di masyarakat. Dengan demikian etika lebih bersifat pemikiran filosofis dan berada dalam konsep-konsep, sedangkan etika berada dalam dataran realitas dan muncul dalam tingkah laku yang berkembang di masyarakat. Etika dan moral sama artinya tetapi dalam pemakaian sehari-hari ada sedikit perbedaan. Moral atau moralitas dipakai untuk perbuatan yang sedang dinilai, sedangkan etika dipakai untuk pengkajian system nilai yang ada.

Adapun contoh dari etika dan moral pada kehidupan sehari-hari, yaitu:

–  Berkata dan berbuat jujur

–  Menghargai hak orang lain

–  Menghormati orangtua dan guru

–  Membela kebenaran dan keadilan

–  Menyantuni anak yatim/piatu.

Sumber :

http://books.google.co.id/books?id=sLsAUMd-KfsC&pg=PA10&dq=perbedaan+etika+dan+moral&hl=id&sa=X&ei=Ich5T9naI8_QrQeig6CIDQ&ved=0CDoQ6AEwAQ#v=onepage&q=perbedaan%20etika%20dan%20moral&f=false

http://books.google.co.id/books?id=0vuff3hOwkIC&pg=PA4&dq=perbedaan+etika+dan+moral&hl=id&sa=X&ei=Ich5T9naI8_QrQeig6CIDQ&ved=0CEMQ6AEwAw#v=onepage&q=perbedaan%20etika%20dan%20moral&f=false
2. Jelaskan perbedaan pokok antara paham kantianisme dan utilitariansime! Berikan contoh masing-masing! Paham mana yang lebih banyak dianut oleh para profesional/Insinyur di bidang keteknikan? Mengapa?

Jawab :

Paham  Kantianisme adalah paham dimana setiap kita mengambil keputusan, kita harus membayang kan bagaimana bila kita adalah pihak yang dirugikan. Paham ini menjelaskan bahwa bila memang harus dilakukan sebuah tindakan, maka tindakan itu dilakukan tanpa memperhatikan kepentingan orang lain.

Paham  Utilitarianisme ini mejelaskan bahwa setiap keputusan diambil untuk sebanyak-banyaknya kesenangan banyak orang.  Jelas sekali bahwa paham ini sangat baik utuk diambil oleh para professional karena paham ini memberikan manfaat yang lebih baik untuk pekerjaannya. Paham ini memberikan beberapa pertimbangan pada sebuah keputusan yang harus diambil. Tentunya pilihan yang lebih bermanfaat akan diambil oleh sang professional.

Sumber :

http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2011/02/tugas-etika-profesi-6/
3. Jelaskan yang dimaksud dengan dilemma moral, beri contoh dalam kejadian
dalam kehidupan sehari-hari!.

Jawab :

Menurut saya dilema moral yaitu ketidakpastian seseorang terhadap dua atau lebih prinsip moral diterapkan secara jelas, tetapi keduanya mendukung pelaksanaan tindakan yang tidak konsisten secara bersamaan. Contoh dalam  kehidupan sehari-hari adalah berkata tidak jujur kepada seseorang demi menjaga perasaan orang tersebut, apabila berkata jujur dapat membuat orang tersebut sakit hati yang berkepanjangan.

Sumber :

http://books.google.co.id/books?id=k04S1VhNLWoC&pg=PA136&dq=dilema+moral&hl=id&sa=X&ei=2st5T4KUAYPOrQf11KmTDQ&ved=0CDwQ6AEwAg#v=onepage&q=dilema%20moral&f=false
4. Salah satu syarat untuk menjadi profesional adalah dimilikinya kompetensi dalam bidangnya. Sehubungan dengan hal tersebut jelaskan kompetensi utama dan kompetensi penunjang yang harus dimiliki oleh Sarjana Teknik Industri Indonesia!

Jawab :

Menurut saya kompetensi utama yang harus dimiliki yaitu mempunyai kemampuan atau skill yang sudah dipelajari selama perkuliahan. Sehingga dapat mengaplikasikannya kepada kehidupan sehari-hari maupun pada tempat kerjanya. Kompetensi penunjangnya adalah kemampuannya dalam berinteraksi dengan lingkungan secara baik dan beretika yang harus dimiliki oleh seorang Sarjana Teknik Industri Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s