TUGAS SOFTSKILL 4

Posted: June 26, 2012 in Uncategorized

Nama                           : FADJAR MAULANA

KELAS                          : 3 ID 03

NPM                            : 36409026

MATA KULIAH                        : ETIKA PROFESI

DOSEN                        : SUDARYANTO

 

 

1. Salah satu syarat untuk menjadi profesional adalah memiliki kompetensi dalam bidangnya. Sehubungan dengan hal tersebut, sebutkan kompetensi utama yang harus dimiliki oleh sarjana Teknik Industri !

Jawab : Menurut saya kompetensi utama yang harus dimiliki oleh seseorang yang sebagai Sarjana Teknik Industri adalah memiliki kemampuan untuk berperan atau berfungsi dalam kerja tim multi disiplin, memiliki kemampuan mengidentifikasi masalah dalam berbagai sudut pandang, dapat  memformulasikan segala masalah, dan dapat memecahkan masalah-masalah engineering, memiliki kesadaran akan kebutuhan untuk menunjang dalam proses belajar sepanjang hayat, kemampuan berkomunikasi dengan efektif, pemahaman terhadap tanggung jawab dan etika profesional, memiliki kemampuan merancang suatu sistem, komponen, proses dan metode untuk memenuhi kebutuhan yang diinginkan.

2. Dilemma moral merupakan hal yang sering ditemui dalam menjalankan profesi keteknikan. Jelaskan cara penyelesaian dilemma moral menurut faham utilitarianisme! Berikan contoh kasus !
Jawab : Paham ini mejelaskan bahwa setiap keputusan diambil untuk sebanyak-banyaknya kesenangan banyak orang. Jelas sekali bahwa paham ini sangat baik utuk diambil oleh para professional karena paham ini memberikan manfaat yang lebih baik untuk pekerjaannya. Paha mini memberikan beberapa pertimbangan pada sebuah keputusan yang harus diambil. Tentunya pilihan yang lebih bermanfaat akan diambil oleh sang professional.

Ex: Dalam sebuah laboratorium riset dengan 50 orang peneliti telah terjadi kebocoran yang menyebabkan terinfeksinya para pekerja oleh bakteri mematikan. Dalam waktu singkat telah jatuh 10 korban jiwa. Untuk menghambat penyebaran bakteri yang belum ditemukan obat penangkalnya, dilakukan isolasi terhadap fasilitas tersebut. Namun demikian, potensi ancaman kematian masih menghantui 100 ribu penduduk kota tersebut. Satu-satunya cara untuk menghentikan penyebaran penyakit tersebut adalah dengan membumihanguskan instalasi riset tersebut dengan bom, yang akan meluluhlantakkan fasilitas tersebut termasuk para peneliti di dalamnya. keputusan yang dapat diambil adalah membumihanguskan laboratorium tersebut dengan sebuah bom. Keputusan ini diambil berdasarkan jumlah 50 orang peneliti masih dapat dikorbankan untuk menyelamatkan 100 ribu orang penduduk kota tersebut agar tidak terjangkit penyebaran penyakit tersebut. Keputusan ini dianggap lebih “murah” dibandingkan dengan harus ber”repot-repot” mengevakuasi seluruh penduduk kota yang akan menimbulkan biaya yang tinggi pula dan harus merelakan satu kota menjadi kota mati dalam waktu yang tidak dapat diperkirakan.

 

3. Jelaskan minimal 5 kasus yang terkait dengan pelanggaran etika profesi dalam bidang keteknikan termasuk jenis pelanggaran etika yang terjadi!

Jawab :  1. Kasus Lumpur Lapindo

Seperti yang telah diketahui bersama, PT Lapindo selaku salah satu perusahaan pertambangan minyak bumi terkemuka di Indonesia menemukan bahwa di daerah Sidorajo terdapat kandungan minyak yang menguntungkan untuk ditambang. Dengan hanya memikirkan keuntungan materi semata, maka di tambanglah daerah tersebut tampa mempelajari kontur tanah secara lebih teliti, sehingga timbullah bencana luapan lumpur dari dalam bumi di daerah tersebut dan meneggelamkan beberapa kecamatan disekitarnya. Dampaknya adalah banyak pengungsi yang tidak pasti hidupnya hingga kini menunggu penggantian harta mereka. Lamanya penggantian tersebut dapat diperkirakan adanya muatan politik pemerintah pusat didalamnya.

 

2. Kasus Meledaknya Depo Penyimpanan BBM di Kelapa Gading

Sekitar tahun 2010, salah satu depo penyimpanan BBM di Kelapa Gading meledak dan terbakar, hingga kini tidak diusut secara tuntas dan dipublikasikan penyebab meledaknya depo tersebut. Diperkirakan ada kesalahan dalam manajement keselamatan kerja pada depo tersebut. Dampaknya adalah beberapa rumah ikut terbakar dan penyebaran polusi udara.

 

3. Kasus Pencemaran Air PT. Freepot

Lautan di daerah PT. Freepot beroperasi sempat tercemar oleh merkuri. Dimana merkuri tersebut merupakan salah satu logam berat dan dila sampai terkonsumsi oleh manusia akan menyebabkan penyakit yang berbahaya. Masyarakat disekitar yang sebagain besar bermata pencarian sebagai nelayan mendapatkan bahwa ikan-ikan yang mereka tangkap telah tercemar oleh merkuri.

4. Jelaskan yang dimaksud dengan “toxic colonialism” dan hubungannya dengan etika lingkungan. Berikan contoh kasus!

Jawab : toxic colonialism adalah sebuah limbah beracun dari sisa pembuangan dari kegiatan manusia yang dapat mengurangi produktivitas lingkungan sehingga dapat melumpuhkan ekosistem sekitar. Contohnya adalah pembuangan limbah alat medis rumah sakit, seperti bekas suntikan dan lain-lain tidak pada tempatnya, hanya dibuang pada tong sampah biasa, yang berujung pada tps sehingga dapat mencemarkan pernyakit yang menempel pada alat medis tersebut.

5. Jelaskan tentang keterkaitan antara Risiko dan kemajuan teknologi! Berikan contoh nyata! Bagaimana cara mengurangi risiko yang mungkin terjadi?

Jawab : Kaitannya sangat erat, contoh di jaman yang sangat canggih ini, komunikasi sangatlah dibutuhan sehingga sudah banyak yang menjual alat komunikasi, dengan begitu masyarakat secara tidak langsung sudah dibuat malas untuk menjalin komunikasi dengan bersilahturahmi mengunjungi orang yang ingin diajak berbicara. Cara menguranginya adalah dengan cara tetap menjalin silahturahmi dengan orang tersebut.

6. Jelaskan peranan Insinyur terkait dengan kerusakan dan pelestarian lingkungan hidup! Berikan masing –masing contoh nyata.

Jawab : Insyinyur di sini sangatlah berperan sangat penting, sebenarnya insyinyur ini merancang segala sesuatu harus mementingkan akan kelangsungan ekosistem, dikarenakan pekerjaan insyinyur tak jauh dari membangun dan menghancurkan, tetapi tentunya insyinyur tersebut sudah merencanakan untuk pelastarian lingkungan sekitar, sehingga kita seharusnya benar-benar belajar agar dapat menjadi insyinyur yang mementingkan kelangsungan kehidupan. Contoh insyinyur disuruh untuk membangun suatu pabrik, sehingga dia harus menghancurkan segala sesuatu pada tempat tersebut, tetapi insyinyur telah merencanakan taman istimewa untuk menggantinya.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s