Bagaimana Media Mengajari Manusia Untuk Berperilaku Sesuai Dengan Gender

Posted: January 21, 2013 in Uncategorized

Fadjar Maulana

36409026

4ID03

 

Bagaimana Media Mengajari Manusia Untuk Berperilaku Sesuai Dengan Gender

Gender adalah istilah yang merujuk pada seperangkat karakteristik yang di pandang manusia sebagai hal-hal yang membedakan antara laki-laki dan wanita, dari hal-hal biologis seperti jenis kelamin, sampai peran sosial dan identitas gender.Identitas gender adalah konsep individu tentang menjadi laki-laki atau wanita yang berbeda dari jenis kelamin aktual biologisnya. Gender

Secara umum, pengertian  Gender adalah perbedaan yang tampak antara laki-laki dan  perempuan apabila dilihat dari nilai dan tingkah laku.. Perubahan ciri dan sifat-sifat yang terjadi dari waktu ke waktu dan dari tempat ke tempat lainnya disebut konsep gender.

Media secara bahasa  berasal dari bahasa Latin “Medius” yang berarti tengah, perantara atau pengantar. Media merupakan segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat siswa sedemikian rupa sehingga terjadi proses belajar.

Contoh-contoh Media antara Lain:

  1. Media elektronik

a)      Televisi merupakan media komunikasi yang menyampaikan pesan melalui audio dan visual.

b)      Radio merupakan media komunikasi yang menyampaikan pesan melalui audio.

c)      Internet merupakan media komunikasi digital yang memudahkan manuusia untuk mengetahui banyak  hal.

 

  1. Media Cetak

Koran, Majalah dan Buku merupakan media komunikasi cetak yang menyampaikan begitu banyak informasi informasi melalui kata-kata yang dirangkai menjadi sebuah bacaan yang mengandung nilai pembelajaran.

Saat ini keberadaan media sangat mempengaruhi pribadi para penikmatnya, terlebih media massa yang memilik begitu banyak audience. Setiap harinya manusia selalu mencari media untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kebutuhan akan informasi salah satunya.

Media sebagai salah satu alat pembelajaran tentu memiliki peran yang penting dalam perkembangan perilaku gender setiap orang. Hadirnya program – program yang mengkhususkan pemirsa nya pada sebuah gender, semakin laku di pasaran. Keberadaaan program – program televisi, radio, media cetak dan media – media lainnya membuat manusia menjadi pribadi yang konsumtif dalam memilih program pilihannya.

Dampak media massa dalam sebuah masyarakat membuat persepsi baru bahwa media massa, masyarakat, budaya massa dan budaya tinggi secara simultan saling berhubungan satu sama lain.

Media memiliki fungsi – fungsi yang kemudian membuat media menjadi sebuah alat pembelajaran, antara lain:

  1. Fungsi pengawasan media adalah fungsi yang khusus menyediakan informasi dan peringatan kepada masyarakat tentang apa saja di lingkungan mereka. Media massa meng-up date pengetahuan dan pemahaman manusia tentang lingkungan sekitarnya.
  2. Fungsi interpretasi adalah fungsi media yang menjadi sarana memproses, menginterpretasikan dan mengkorelasikan seluruh pengetahuan atau hal yang diketahui oleh manusia.
  3. Fungsi transmisi nilai adalah fungsi media untuk menyebarkan nilai, ide dari generasi satu ke generasi yang lain.

 

Ketiga fungsi media tersebut sesuai dengan keberadaan tujuan media, khususnya media massa yang menyediakan program – program yang mengkhususkan khalayak nya berdasarkan gender, pria atau wanita. Tujuan utamanya adalah untuk menghindari penyimpangan perilaku gender, terlebih seksual yang semakin hari kian memprihatinkan. Media sebagai filter masyarakat tentu sangat berpengaruh dalam proses pembelajaran agar khalayak dapat berperilaku sesuai gender alami nya.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s