Hukum Industri di Indonesia

Posted: April 29, 2013 in Uncategorized

NAMA : Fadjar Maulana
NPM : 36409026
KELAS : 4ID05
MATA KULIAH : Hukum Industri

HUKUM INDUSTRI DI INDONESIA
Pengertian Hukum di Indonesia
Hukum adalah peraturan atau adat yang secara resmi dianggap mengikat, yang dikukuhkan oleh penguasa atau pemerintah. Menurut Mayers hokum adalah semua aturan yang menyangkut kesusilaan dan ditunjukkan terhadap tingkah laku manusia dalam masyarakat serta sebagai pedoman bagi penguasa Negara dalam melaksanakan tugasnya. E. Utrect mendefinisikan hukum sebagai himpunan petunjuk hidup, perintah dan larangan yang mengatur tata tertib dalam suatu masyarakat yang seharusnya ditaati oleh seluruh anggota masyarakat.
Hukum industri menyangkutb sarana pembaharuan di bidang industri, sistem kawasan sebagai tata ruang, sistem perizinan yang bersifat lintas lembaga dan yurisdiksi hukum industri dalam perspektif global dan lokal, hukum alih teknologi. Hukum industri juga menyangkut permasalahan desain produksi dan hukum industri dan analisis tentang masalah tanggungjawab dalam sistem hukum industri.

Manfaat Hukum Industri
1. Hukum sebagai sarana pembangunan di bidang industri yang perspektif dengan ilmu – ilmu yang lain.
2. Hukum industri dalam sistem kawasan berdasarkan hukum tata ruang.
3. Hukum industri dalam sistem perizinan yang bersifat lintas lembaga dan yurispundensi hukum industri dalam perspektif global dan lokal.
4. Hukum alih teknologi, desain produksi dan hukum kontruksi serta standarisasi.
5. Masalah tanggung jawab dalam sistem hukum industri.

Kelebihan dan Kekurangan Hukum Industri
Kelebihan / Keuntungan Hukum Industri:
1. Para usaha industri dapat meningkatkan nilai tambah serta sumbangan yang lebih besar bagi pertumbuhan produk nasional.
2. Pelaku usaha industri sedapat mungkin menggunakan teknologi yang tepat guna yang dapat meningkatkan nilai tambah dari produk yang diciptakan.
3. Kelestarian lingkungan hidup pada prinsip landasan ini mengharapkan adanya keseimbangan antara sumber daya alam yang ada serta kelestarian lingkungan guna masa depan generasi muda.
4. Adanya alih daya pekerja outsourcing akan menggunakan seluruh kemampuannya dalam bekerja. Dengan adanya outsourcing maka mereka akan mendapatkan suatu keterampilan yang belum mereka miliki sebelumnya dan jika telah memliki kemampuan tersebutm pekerja akan menambah kemampuan mereka dengan bekerja di pihak outsourcing.
5. Adanya kemudahan dalam mencari kerja. Sebelum mendapatkan pekerjaan tetap, dengan adanya outsourcingakan membantu tenaga kerja yang belum bekerja, untuk disalurkan kepada perusahaan – perusahaan yang membutuhkan tenaga dari perusahaan outsourcing tersebut.

Kekurangan/Kerugian Hukum Industri:
1. Adanya ketidakpastian bekerja yang berkelanjutan. Perusahaan outsourcing hanya mampu menampung para pekerja yang mengikatkan diri pada perusahaan outsourcing mereka, namun tidak serta merta mereka langsung dijadikan pekerja tetap dari satu perusahaan.
2. Adanya sistem kontrak akan menyulitkan mereka dalam menentukan masa depan. Sistem kontrak akan berjalan sesuai dengan tanggal berlaku atau masa berlaku sesuai dengan yang diperjanjikan di awal. Maka dari itu kontrak tidak memberikan jaminan bagi kehidupan pekerja outsourcing di masa yang akan datang.
3. Tidak adanya serikat pekerja, membuat pekerja akan kesusahan di saat terjadi perselisihan baik antara perusahaan dan pekerja, maupun antara pekerja dengan pekerja. Mereka hanya mengandalkan atasan dan HRD sebagai penengah dalam penyelesaian perselisihan tersebut.

Sumber:
http://journal.uii.ac.id/index.php/jurnal-fakultas-hukum/article/viewFile/1056/1793
http://essay.blog.uns.ac.id/…efektivitas-penerapan-undang-undang-perindustrian-dalam-rangka-pengembangan-industri/
http://hukumindustri.blogspot.com/2010 /03/perindustrian-di-indonesia.html
http://maspurba.wordpress.com/hukum-industri/
http://indrahalim.blogspot.com/2012/04/hukum-industri.html
http://sagimanug.wordpress.com/2012/04/13/hukum-industri/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s